Wednesday, July 20, 2016

Berbagi Pengalaman : Seleksi Masuk PT Pelindo 3 (Persero) part 1

Holaa,
Kali ini saya akan menulis hal yang sering orang tanyakan ke saya, bagaimana proses masuk ke PT Pelindo 3 (persero), bukan berarti saya capek ditanyain orang mulu ya, tapi tujuanya biar lebih banyak orang lagi yang bisa baca dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat (akhirnya bukin tulisan jelas tujuanya hehehe).

Well, saya mantan pegawai PT Pelabuhan Indonesia III (persero) angkatan 2014, kenapa mantan karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya kalau saya menikah dengan sesama pegawai Pelindo dimana peraturanya tidak boleh dan sebagai akibatnya harus keluar salah satu.

Oke tulisan ini akan saya bagi 3 part, part pertama adalah seleksi masuk tahap satu sampai tah tiga, part 2 seleksi tahap selanjutnya sampai selesai dan part 3 adalah seleksi setelah lolos menjadi PLS (pelamar lolos seleksi) atau yang sekarang disebut sebagai PEMAGANG sampai akhirnya lolos diangkat sebagai pegawai.

Sedikit overview PT Pelindo 3 (persero) ini adalah sebuah perusahaan milik negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan, sebagai catatan baik Pelindo 1,2,3, dan 4 adalah 4 perusahaan yang berbeda, mirip sebenernya atau sama lah bidangnya tapi manajemen, direktur dan lain lainya berbeda dan terpisah. Dan wilayah kerjanya juga berbeda, silahkan di google ya bagian itunya.

Oke mari kita mulai saja tahapanya....

TAHAPAN SATU : SELEKSI ADMINISTRASI
seleksi ini yaitu daftar dan mengisi mirip cv, biodata dan upload dokumen yang diperlukan. Pastikan kamu isi pendidikan kamu yang jelas, kalo kuliahnya langsung S1 biasanya oke aja, tapi kalo kuliahnya potong potong beberapa orang yang sudah melanjutkan S1nya atau bahkan S2nya entah kenapa level masuknya D3, oiya untuk tahapan ini Pelindo menggunakan jasa pihak ke tiga untuk melakukan seleksi. Dan jangan sampai salah pilih lokasi tes berikutnya, karena temen saya yang tinggal di Jakarta mau ambil tes Seamarang salah klik Surabaya, ya gapapa juga sih, tapi mungkin lebih mahal karena nginep hotel dll. Waktu itu saya memilih lokasi tes di Semarang.

TAHAPAN DUA : TES TPA
Sehari sebelum tes TPA dilakukan kita eh saya melakukan verifikasi dokumen dan juga mengambil kartu peserta ujian, dan tolong disimpan baik baik karena kartu ini akan selalu dipakai untuk tes-tes berikutnya.
Tes TPA, ini agak menjebak sih menurut saya apakah benar TPA atau TPU (tes potensi akademik atau tes pengetahuan umum) saya sendiri masih tidak yakin sampai hari saya akan tes, dan kagetlah saya ketika tes dimulai karena keluarnya tentang pengetahuan umum yang berkaitan dengan kepelabuhanan dan tentang bidang saya, yaitu ekonomi dan akuntansi, sejujurnya yang bidang lumayan enak tapi yang kepelabuhanan saya nggak ngerti, sudah lupa tentang ZEE dan apalah laut laut gitu dan ada nama mentri mentri juga, eh ada macam sosialoginya juga. Habis tes saya pasrah karena saya banyak nggak ngertinya, tapi sepertinya banyak yang nggak ngerti makanya saya lolos-lolos aja.

TAHAPAN TIGA : TES TOEIC/ TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS
Nah yang sebenernya tes ini berdekatan dengan tes tahap kedua, bedanya sehari apa ya kalo nggak salah misal selasa tes, rabo malem pengumuman dan kamis tes, untuk yang tinggal di luar kota dari lokasi tes sebaiknya tetap stay saja, nanti kaya saya, berhubung saya lupa kapan tes ini akan dilaksanakan sehabis tes tahap dua saya langsung ngeloyor pulang, besoknya belom ada pengumuman sampai sore, malamnya sekitar jam 8 ada pesan masuk intinya silahkan lihat pengumuman, dan kagetlah saya kalo ternyata tesnya besok pagi, padahal saya tinggal dipekalongan coret dimana menempuh waktu 4 jam untuk ke Semarang, maka berangkatlah saya kesemarang jam 4.30 pagi dari rumah, dan berhubung temapatnya agak susah di cari di Map, maka nyasarlah saya, beruntung akhirnya sampai di lokasi tes tepat waktu. Tes ini seperti tes bahasa inggris lainya, menurut saya gampangan toeic dari pada toefl. Yang jelas jangan ngantuk apalagi pas listening.

oke sekian dulu part satu saya, berhubung sudah panjang, menyusul akan ada lanjutanya di part 2 dan part tiga selain itu nanti saya juga akan sharing pengalaman bagaimana masuk PricewaterhouseCoopers (PwC) sebuah KAP (Kantor Akuntan Publik) terkemuka, stay tune yaaaaa

Berikut Link untuk tahapan seleksi berikutnya:
Seleksi Masuk PT Pelindo 3 (Persero) part 2
Seleksi masuk PT Pelindo 3 (Persero) Part 3

7 comments: